Jumat, 22 April 2016

6 Manfaat Olah Raga Lari di Pantai

Kedengarannya cukup indah ya? Sinar Matahari yang hangat terutama di pagi dan sore hari, angin laut yang sejuk, dan suara merdu dari gelombang yang menyapa pasir pantai. Serta jangan lupa pemandangan menakjubkan pantai berpasir sebagai latar belakang yang sempurna untuk lari.Berlari di pantai memiliki dua pilihan :
a. Bertelanjang kaki
b. Pakai sepatu
Hanya bertelanjang kaki ketika memang pantainya berpasir lembut dan tak banyak karang yang tajam. Jika ingin aman lebih baik pakai sepatu lari anda yang nyaman.



Berlari di atas pasir menawarkan banyak manfaat yang pada akhirnya dapat membantu Anda menjadi seorang pelari kuat dan lebih cepat.

Keuntungan berolah raga lari di pantai:

1. Menyenangkan dan Kaya Oksigen
Udara pantai yang sejuk baik untuk para penderita asma, karena mengandung garam sedikit. Oksigen juga penuh dan kaya ketika anda merasakan udara mengalir masuk ke dalam paru-paru anda.

Berlari di pantai memang memiliki keuntungan yang baik bagi kesehatan tubuh.

2. Otot menjadi Rileks
Ketika Anda berjalan atau berlari di pantai, pasir pada kaki Anda terasa dengan permukaan yang bergeser di bawah Anda.

Hal ini menciptakan “efek lembut” permukaan untuk kaki Anda dibandingkan dengan ketika kita berlari di trotoar atau aspal.
Hal ini berarti tubuh Anda pada bagian pergelangan kaki, lutut, dan pinggul menjadi berkurang tegangannya (less impact) ketika kita berlari atau berjalan di pantai.

3. Memperkuat Otot Anda
Pasir menciptakan permukaan yang tidak stabil untuk kaki Anda. Dalam rangka untuk menstabilkan diri sendiri selama berlari di pantai, tubuh Anda dipaksa untuk menggunakan otot-otot kecil di tubuh bagian bawah, terutama di kaki Anda dan pergelangan kaki.

Bagi kebanyakan pelari, otot-otot ini cenderung lemah karena kita tidak harus menggunakannya sebanyak ketika kita berlari di jalan beraspal.
Dengan memperkuat otot-otot yang menstabilkan lari Anda, dan menjaga diri terhadap ketidak-seimbangan otot.

4. Berlari di Bukit Pasir
Jika Anda pernah berjalan, apalagi berlari di pasir, Anda tahu bahwa dibutuhkan lebih banyak upaya untuk kekuatan otot untuk membenamkan kaki Anda ke pasir lembut dan kemudian untuk mendorong kaki ke depan.

Itu karena kaki Anda bekerja melawan permukaan yang lembut dengan lebih “memberikan efek” dari permukaan keras. Hal ini akan memaksa Anda untuk melibatkan otot-otot dalam tubuh Anda lebih sering. Untuk kekuatan tubuh bagian bawah, manfaatkan berlatih berlari mendaki ke bukit pasir di pantai.

5. Membakar Lebih banyak Kalori
Berolah-raga lari di pantai berarti membakar lebih banyak kalori dibandingkan dengan berjalan di trotoar.

Bahkan, penelitian telah menunjukkan bahwa berjalan di atas pasir membutuhkan energi sekitar satu dan setengah kali lebih banyak dibandingkan dengan berjalan pada permukaan yang keras.

6. Rute Pantai yang Indah
Perubahan adalah hal yang baik. Mengubah rute pada latihan lari, tidak hanya baik untuk Anda secara fisik, tetapi juga baik untuk Anda secara mental.

Rute berlari di pantai dapat membantu untuk membuat seorang pelari jadi kuat secara bertahap. Seperti sesuatu yang baru, Anda harus pelan-pelan membiasakan berlari di pasir pantai.
Ada risiko cedera, terutama keseleo pergelangan kaki, cedera Achilles. Untuk itu pemanasan atau warming up selalu disarankan. Serta berlarilah dengan kecepatan moderat untuk lebih meresapi udara pantai dan suasana Pantai yang sejuk dan Indah.
Mulailah dengan lari awal 10-15 menit pada suatu waktu. Mulailah dengan berjalan pada waktu surutnya air laut dengan merasakan pasir di tepi air.
Ini akan memberikan otot kaki Anda kesempatan untuk menyesuaikan diri dengan energi tambahan yang akan diperlukan. Dan selalu memakai sepatu. Karena ada banyak karang tajam di pantai, sepatu juga akan membantu kaki Anda terbiasa dengan permukaan baru.(Zarrah)

Sumber : puteriputeri.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar